Vaksinasi Lansia Di Banyuwangi Ditarget Capai 150 Ribu Pada Akhir Juni

Written by Average on February 8, 2021 in Cara Mengatasi Covid with no comments.

MUI mengizinkan pengunaan vaksin dengan beberapa alasan termasuk jika terpaksa dilakukan. Tetapi budaya tabu masih terjadi yang berakibat pada tingkat vaksinasi yang rendah, kata Howard. “Studi kami menemukan bahwa sebagian muslim di Indonesia merasa tidak nyaman menerima vaksinasi yang ada kandungan tersebut,” tambahnya, bahkan ketika otoritas muslim mengeluarkan pernyataan pedoman perizinan, ujarnya lebih lanjut sebagaimana dikutip dari AP. Perusahaan farmasi Swiss, Novartis telah memproduksi vaksin meningitis tanpa kandungan babi, sementara perusahaan farmasi, AJ Pharma yang berbasis di Arab Saudi dan Malaysia saat ini sedang mengerjakan salah satu produk vaksinnya sendiri. Beberapa perusahaan telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembangkan produk vaksin bebas dari kandungan babi. Gelatin yang berasal dari daging babi telah banyak digunakan sebagai penstabil, untuk memastikan vaksin tetap aman dan efektif selama penyimpanan dan pengangkutan.

Hingga nanti menemukan vaksin yang tidak menggunakan tripsin dari babi, maka vaksin yang ada hari ini tetap halal,” jelasnya. Sementara itu, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim mengeluarkan edaran yang menyatakan bahwa hukum mengikuti vaksinasi adalah wajib bagi setiap muslim di Indonesia. Nafis mengatakan, dari kajian LPPOM MUI, memang dalam pembuatan inang virusnya, vaksin Astrazeneca menggunakan tripsin dari pankreas babi. Nafis lantas mengatakan, ada pihak lain yang mengatakan bahwa vaksin AstraZeneca halal dan tidak mengandung babi.

Berbagai pihak, termasuk di negara-negara mayoritas Muslim, mempertanyakan tentang kehalalan vaksin tersebut, terlepas dari persetujuan pemerintah. “Kita tunggu hasil lengkap ketetapan fatwa MUI. Kami sudah berkoordinasi dengan MUI dan LPPOM. Insya Allah setelah semua lengkap kita terbitkan sertifikat halal vaksin Sinovac,” ujarnya. “MUI dihadapan hukum dan Allah serta seluruh masyarakat bertanggung jawab untuk menyatakan suci dan halal tentang vaksin ini,” kata Cholil Nafis. JawaPos.com – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama tidak akan mengeluarkan sertifikat halal untuk produk vaksin Covid-19 AstraZeneca. Adapun proses sertifikasi halal ini juga sudah berjalan di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal . Ada tujuh proses yang harus dilalui, yaitu permohonan, pemeriksaan, penetapan, pengujian, pengecekan, fatwa, terakhir, yakni penerbitan sertifikasi halal.

Selanjutnya, dilakukan sidang fatwa halal hingga terbit keputusan penetapan halal produk dari MUI. Indonesia telah menandatangani perjanjian dengan Sinovac untuk pasokan jutaan dosis vaksin. MUI, lanjut dia, bertanggung jawab kepada masyarakat untuk memastikan kehalalan vaksin tersebut. Dengan dikeluarkannya fatwa halal terhadap vaksin Covid-19, Azhar mengimbau masyarakat untuk tidak ragu dan tidak terpengaruh dengan informasi yang bersifat provokatif. Azhar menjelaskan fatwa kehalalan vaksin Covid-19 diperoleh setelah MUI melakukan riset dan koordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan .

Dalam hal ini, izin kalangan agama dan pemerintah yang diberikan untuk vaksin Covid-19 diharapkan dapat mengatasi kekhawatiran Muslim tentang apakah vaksin itu halal atau tidak. Namun, tetap menjadi tantangan untuk meyakinkan orang-orang agar menerima vaksin. IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Vaksin Covid-19 yang telah disetujui saat ini disambut dengan tanggapan yang beragam dari komunitas teologi Islam, asosiasi halal dan para pakar farmasi halal.

Apakah vaksin covid halal

Dilansir dari situs resmi MUI, Komisi Fatwa MUI menerbitkan Fatwa Nomor 02 Tahun 2021 tentang vaksin virus corona produksi Sinovac dan Biofarma, Senin (11/1). Fatwa ini mengikat pada tiga vaksin virus corona buatan Sinovac Life Science Co Ltd China dan PT Bio Farma yaitu CoronaVac, Vaksin Covid-19, dan Vac2Bio. Namun, pada saat BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat, masa simpan didasarkan pada data stabilitas dari vaksin tersebut.

Dilansir dari The New York Times, vaksin kembangan AstraZeneca-Oxford ini diklaim memiliki kemanjuran atau efikasi sebesar 82,four persen. Di Pakistan, di mana kepercayaan terhadap vaksin telah memudar atas alasan agama dan politik, orang tua bisa dipenjara karena menolak memvaksinasi polio anak-anak mereka. “Menurut hukum Yahudi, larangan menggunakan daging babi atau produknya, hanya dilarang jika itu menyangkut cara alami untuk memakannya,” kata Rabi David Stav, ketua Tzohar, sebuah organisasi kerabian di Israel.

Dilansir dari Tempo, Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas mengatakan bahwa MUI belum membahas berbagai kemungkinan soal vaksin Covid-19. Sebab, vaksin masih berada dalam tahap uji klinis sehingga MUI belum mendapatkan permintaan dari pemerintah untuk menetapkan fatwa. Pendapat yang diterbitkan awal bulan ini, mengutip fatwa sebelumnya yang mengatakan bahwa “jika tidak ada alternatif, produk yang mengandung bahan terlarang masih dapat digunakan untuk pengobatan karena tujuannya untuk menyelamatkan nyawa.” Cendekiawan Muslim Sunni khawatir, apabila vaksin corona dari Cina tersebut mengandung gelatin babi. Dalam sebuah pernyataan video, Noorie bahkan mengimbau Pemerintah India untuk tidak memesan vaksin China yang mengandung gelatin babi. Untuk itu, hal ini pun perlu didorong agar Pemerintah tetap berupaya menyediakan vaksin COVID-19 yang aman, berkualitas, memiliki efektivitas, halal, serta suci.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan fasilitas program Kawasan Industri Halal yang sama dengan Kawasan Ekonomi Khusus . “Bukan hanya sertifikasi halalnya saja, permodalan dan fasilitas lain juga difasilitasi supaya industri halal ini tumbuh,” papar mantan Ketua Umum MUI tersebut. Selain mendatangi lokasi vaksinasi, sejumlah petugas rupanya juga merelakan diri untuk mendatangi rumah lansia yang memiliki keterbatasan. Sesuai arahan Presiden terkait upaya peningkatan hubungan dan kekompakan guna menciptakan sinergitas antara pemerintah dan Forkopimda di daerah, Bupati Herdiat mengatakan untuk lebih terjalin lebih baik demi mempercepat pemutusan mata rantai Covid-19 di Indonesia. Dari hasil pemeriksaan sementara, semua yang ikut vaksinasi yang dilakukan oleh four orang tersangka itu mendapatkan sertifikat.

Disusul pernyataan vaksin yang sudah digunakan di sejumlah negara muslim seperti Arab Saudi hingga Kuwait. Di tengah masih berpolemiknya persoalan halal dan haram vaksin Covid-19 AstraZeneca, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut mereka mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat. Ma’ruf mengatakan fatwa Majelis Ulama Indonesia bisa memperbolehkan vaksinasi meski suatu vaksin mengandung unsur haram.

Comments are closed.