Mengenal Vaksin Astrazeneca Dari Inggris Yang Baru Tiba Di Indonesia Halaman All

Written by Average on February 12, 2021 in Cara Mengatasi Covid with no comments.

Semuanya berawal dari keluarnya Fatwa MUI Pusat nomor 14 tahun 2021 tentang hukum penggunaan vaksin covid-19 produk AstraZeneca yang berasal dari Inggris dan diproduksi di SK Bioscience Co. Direktur LPPOM MUI Muti Arintawari memaparkan, MUI melakukan dua langkah kajian yaitu kajian dossier dan kajian publikasi ilmiah. Dossier merupakan dokumen yang berisi bahan lengkap terkait Vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca. Target yang dibuat oleh Pfizer dan BioNtech ialah masuk dalam 10 kandidat vaksin yang masuk dalam pengujian tahap akhir di seluruh dunia. Dimana empat diantaranya merupakan studi besar yang dilakukan di Amerika Serikat. Semua efek samping ini dilaporkan sendiri dalam waktu 8 hari setelah suntik vaksin Covid-19 antara 8 Desember 2020 hingga 10 Maret 2021.

Klaim AstraZeneca tersebut menyusul dua perusahaan farmasi lain, yakni Pfizer dan Moderna, dalam mengumumkan efektivitas vaksin buatannya. Meski sudah mendapat vaksin, Anda tetap harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, yaitu dengan mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, mengenakan masker saat berada di luar rumah, serta menghindari keramaian. Konsultasikan perihal penggunaan vaksin AstraZeneca jika Anda menderita obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit paru dan saluran pernapasan, atau diabetes.

Vaksin ini mampu melawan gejala infeksi virus yang menyebabkan Covid-19 dengan efikasi 63,09 persen. Jika interval kurang dari 6 minggu, efikasi jadi lebih rendah yaitu 54,9 persen. Adapun interval pemberian dosis lebih lama dalam rentang 8 hingga 12 minggu dikaitkan dengan kemanjuran vaksin yang lebih besar. Menurut BPOM, knowledge dari WHO akan menjadi bahan untuk melihat mutu, kualitas, dan khasiat dari vaksin AstraZeneca.

Vaksin AstraZeneca akan diberikan secara langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Sebelum menjalani vaksinasi, petugas medis akan melakukan skrining untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal. Vaksin Astrazeneca tidak dianjurkan untuk diberikan kepada orang yang sedang demam dengan suhu di atas 38°C, menderita COVID-19, atau menderita penyakit infeksi yang berat. Vaksin AstraZeneca juga telah disetujui oleh WHO untuk masuk dalam Emergency Use Listing.

Vaksin Astrazeneca berasal darimana

Setelah vaksinasi, sel menghasilkan protein lonjakan yang merangsang sistem kekebalan untuk melawan virus Sars-CoV-2 yang jadi penyebab Covid-19. Belakangan ini tercium oleh publik mengenai spekulasi bahwa Korea Selatan bisa menjadi pusat produksi vaksin di Asia dengan investasi dari perusahaan farmasi asing. Kekinian terungkap nakes yang tertular transmisi lokal COVID-19 varian India itu sudah pernah menerima 2 dosis vaksin sebelumnya. Kendati demikian, sang nakes rupanya tetap terinfeksi virus Corona sehingga kemudian dilakukan pemeriksaan lebih lanjut atas nakes yang bersangkutan. Uji klinik fase I dilakukan terhadap forty five pasien yang bertujuan untuk menilai keamanan dan reaktivitas pada orang dewasa sehat (laki-laki dan perempuan yang tidak sedang hamil) dengan rentang usia tahun pada tiga tingkat dosis penelitian .

Kalau ada dua atau lebih hasil keputusan ijtihad yang berbeda dan bertentangan dalam satu persoalan yang sama maka semuanya benar menurut keyakinan masing-masing mujtahidnya. Hasil ijtihad tidak bisa mengkoreksi hasil ijtihad yang lain, al-ijtihadu la yunqadlu bil ijtihad. Ketentuan inilah yang dipedomani oleh MUI Pusat bahwa produk apapun yang mengandung unsur babi (intifa’ul khinzir) hukumnya haram dan tidak perlu diproses lebih lanjut, baik dengan cara istihalah ataupun istihlak .

Setelah menerima suntikan, darah akan mempunyai banyak antibodi yang dibutuhkan untuk melawan virus corona. Data tersebut dikonfirmasi oleh analisis utama uji klinis fase ketiga dari Inggris, Brasil dan Afrika Selatan, yang dipublikasikan pada pracetak jurnal The Lancet. Untuk mencapai goal tersebut, pemerintah berharap dapat memberikan sekitar satu juta suntikan dalam satu hari, atau sekitar tiga kali lebih cepat dari proses vaksinasi yang berlangsung saat ini. Akan tetapi, dikutip dari Reuters, Rabu, tiga bulan setelah diserukannya vaksinasi COVID-19 di Jepang, kurang dari 40 persen dari seluruh pekerja medis di negara sakura itu belum sepenuhnya mendapatkan suntikan vaksin. Vaksin yang dikembangkan oleh Moderna, Inc dibuat dalam bentuk sediaan injeksi.

Pemerintah Indonesia melobi Kerjasama dengan vaksin yang diproduksi oleh raksasa perusahaan biofarmasi Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd. Pendaftaran Astra Zeneca melalui sistem CEROL dengan nomer registrasi pada tanggal 19 Februari 2021 oleh PT. Bio Farma yang ditunjuk sebagai distributor untuk pengadaan vaksin ASTRAZENECA. Sementara itu, jarak suntikan AstraZeneca pertama dan kedua jauh lebih lama dibandingkan Sinovac yakni 12 minggu. Prabowo Subianto dianggap masih memiliki modal popularitas dan elektabilitas yang untuk bertarung dalam kontestasi pemilihan presiden mendatang.

Comments are closed.