Indonesia Go.id

Written by Average on February 8, 2021 in Cara Mengatasi Covid with no comments.

Cova bekerja di tengah tuduhan bahwa negara-negara kaya telah terlibat dalam nasionalisme vaksin. Penjelasan Kemenkes dan AstraZeneca Soal Kandungan Babi dalam Vaksin Meski dalam proses pembuatannya bersinggungan dengan babi, pemerintah sebut vaksin AstraZeneca tetap bisa digunakan karena kedaruratan. Ketersediaan vaksin yang suci dan halal sangat terbatas dan tidak mencukupi. “Tidak ada hubungan antara vaksin dan kejadian trombotik dengan trombositopenia,” kata Rogerio Pinto de Sa Gaspar, direktur regulasi dan prakualifikasi WHO. Tetapi EMA menegaskan bahwa manfaat dari vaksin tersebut lebih besar ketimbang risikonya.

Lalu adanya jaminan keamanan penggunaannya oleh pemerintah, serta pemerintah tidak memiliki keleluasaan memilih jenis vaksin Covid-19 mengingat keterbatasan vaksin yang tersedia,” jelas KH. Asrorun Niam Sholeh seraya menyebutkan bahwa itu semua tertuang di dalam Fatwa MUI Nomor 14 tahun 2021 tentang Hukum Penggunaan vaksin COVID-19 produk AstraZeneca. Keamanan vaksin buatan Inggris ini, kata Sri, juga dilihat dari uji klinis yang dilakukan kepada lebih dari 20 ribu sukarelawan yang dikerjakan di Inggris, Afrika Selatan, dan Brazil. Di dalam uji klinis tersebut efek samping yang ditemukan pun bersifat ringan, dan tidak ada yang masuk rumah sakit, apalagi meninggal akibat vaksin AstraZeneca tersebut. Pada fase uji klinis, unsur aktif BNT162b2 dari perusahaan BioNTech dari Jerman dan Pfizer dari AS tidak menunjukkan efek samping serius.

Dari pemberitaan Kompas.com, 9 Maret 2021, BPOM menyebutkan, efikasi vaksin AstraZeneca sebesar sixty two,1 persen dengan efek samping ringan sampai sedang. Namun, survei yang dirilis pada Hari Senin 22 Maret menunjukkan, orang-orang di tujuh negara Eropa lebih cenderung melihat vaksin itu tidak aman. Dalam survei yang dilakukan YouGov terhadap 8 ribu orang di tujuh negara Eropa. Hasilnya, orang-orang di Prancis, Jerman, Spanyol dan Itali vaksin AstraZeneca cenderung dilihat tidak aman. Sementara di Inggris, tempat kelahiran vaksin ini, seventy seven persen respon menilai aman.

Apakah vaksin Astrazeneca berbahaya

Dr Gunarta menyatakan vaksin yang disuplai dari pusat biasanya No Batch-nya sama dalam satu provinsi. Jadi, kalau di provinsi “aman” otomatis di daerah kabupaten/kota juga aman. Pemkab Badung melalui Dinas Kesehatan setempat menyatakan akan tetap menggunakan vaksin bantuan pemerintah pusat tersebut.

Agar aman, beri tahu dokter sebelum vaksinasi jika Anda sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk natural apa pun. Adapun Presiden Korea Selatan Moon Jae-in direncanakan akan menerima vaksin COVID-19 pada Selasa besok, seiring dengan dimulainya kampanye vaksinasi untuk orang berusia 65 tahun ke atas. Harianjogja.com, JAKARTA -Pemerintah telah memutuskan untuk menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547.

“Tentunya 1,1 juta dosis vaksin yang sudah kita terima ini harus kita prioritaskan pada tempat-tempat di mana sebelum masa shelf life-nya habis,” ujarnya. Denmark adalah negara pertama yang mengumumkan penangguhan penyuntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca ini, melalui pernyataan Otoritas Kesehatan negara itu. Mereka mengatakan, penangguhan dilakukan sebagai tindakan pencegahan, tetapi belum dipastikan ada hubungan antara vaksin dengan pembekuan darah.

Comments are closed.